Cara Merawat Kendaraan Mobil yang Jarang Dipakai Selama WFH

Cara merawat kendaraan menjadi hal wajib yang perlu dipahami oleh semua orang baik pemilik maupun pengguna kendaraan. Dampak pandemi yang belum usai mengharuskan banyak karyawan menerima keputusan perpanjangan WFH (Work From Home).
Akibatnya tidak hanya karyawan yang harus tinggal di rumah, namun kendaraan seperti mobil atau motor pun harus beristirahat lebih lama. Meski demikian bukan berarti kendaraan harus didiamkan tanpa perawatan, Anda dapat merawatnya sendiri dengan mudah di rumah. Berikut cara merawat kendaraan mobil yang jarang dipakai selama WFH.

Bersihkan Mobil Secara Rutin
Mobil yang didiamkan dalam waktu lama tanpa pemakaian dan perawatan akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya lapisan cat mobil yang dapat muncul debu dan menyebabkan karat. Untuk itu bersihkan bagian permukaan mobil termasuk roda dan velg.

Isi Udara Pada Ban Menggunakan Bantuan Dongkrak 
Apabila didiamkan terlalu lama, maka udara dalam ban pun dapat berkurang akibat perubahan temperatur. Oleh sebab itu beri tambahan udara meski mobil tidak digunakan untuk waktu tertentu. Jika ban dibiarkan mengempis dan menempel pada permukaan lantai terlalu lama, maka bagian dalam ban akan mudah rusak.

Penuhi Tangki Bahan Bakar dan Cairan Lain di Dalam Mesin
Tangki bahan bakar haruslah terisi penuh untuk mencegah karat berkembang pada area tangki. Lakukan penggantian oli, filter mobil dan cairan lain dalam mesin. Hal ini untuk mencegah kerusakan akibat mesin kering kekurangan pelumas.

Lakukan Pengecekan Aki dan Busi
Lakukan juga pengecekan aki dan busi kendaraan. Pastikan semua dalam keadaan baik dan aman. Jika perlu lepaskan aki dari mobil dan simpan di tempat yang kering atau bersuhu dingin. Busi juga disarankan untuk dilepas dan diberi oli soket sebelum memasangnya kembali.

Simpan di Ruang Tertutup dan Gunakan Penutup Kendaraan
Terakhir simpan di garasi tertutup dan gelap atau jika kendaraan diparkir di luar rumah, tutup dengan selimut pelindung mobil. Usahakan kendaraan tidak terpapar sinar matahari secara langsung untuk menjaga kendaraan dan mesin tetap dalam kondisi prima.

Jangan lupa untuk rutin memanaskan mesin kendaraan agar fungsi kerja komponen kendaraan tetap dalam keadaan baik dan tidak berkarat. Nah, semoga cara merawat kendaraan diatas mampu membuat kendaraanmu tetap prima meski sekian lama menemanimu WFH di rumah.