Ingin Merawat Kucing Sphynx? Lakukan Hal Penting Berikut

Bagi Anda pecinta kucing dan ingin memelihara kucing jenis sphynx di rumah, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting dalam merawat kucing sphynx agar kucing Anda selalu bersih dan terjaga kesehatannya.
Merawat Kucing Sphynx yang Unik
Kucing sphynx merupakan jenis kucing yang tidak memiliki bulu dan berasal dari Australia. Selain tidak memiliki bulu, keunikan lain yang dimiliki ras kucing ini adalah tubuhnya yang lebih ramping dibanding jenis kucing lainnya dan telinga yang berbentuk segitiga. Bagaimana cara merawat kucing sphynx? Simak tipsnya berikut ini.

1. Pemberian Makan
Agar kucing sphynx Anda terjaga kesehatannya, maka Anda perlu memberikan pakan yang tepat. Anda tidak boleh sembarangan memberi makan dan rajin membersihkan tempat makanan kucing Anda.

2. Pemberian Susu
Anda tidak harus memberikan susu dari induk kucing karena kadang terdapat anak kucing yang terabaikan oleh induknya sehingga Anda harus menyiapkan susu formula untuk kucing sphynx Anda. Susu dapat membantu mengisi perut dan menunjang kesehatan kucing Anda.

3. Pemberian Vitamin
Anda bisa memberikan vitamin tambahan yang dapat dibeli di pet shop terdekat dengan harga terjangkau.

4. Melakukan Vaksin Kucing
Anda dapat memberikan vaksinasi pada kucing sphynx Anda setiap satu atau dua bulan sekali. Vaksinasi bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing sehingga tidak mudah terserang penyakit.

5. Pemberian Tempat Layak
Sama halnya dengan manusia, kucing juga memerlukan tempat tinggal yang layak. Jika Anda memutuskan untuk menempatkan kucing Anda di dalam kandang, pastikan ukuran kandang lebih besar dari tubuh kucing agar kucing dapat nyaman tinggal di dalamnya. Jika Anda membiarkan kucing Anda (tidak di dalam kandang), maka Anda perlu menjaga kucing Anda dari lingkungan luar dengan membuat pagar untuk kucing Anda.

6. Memandikan dan Menjemur
Minimal mandikan kucing Anda dua hari sekali menggunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk kucing. Dengan rutin memandikan kucing, Anda dapat menghindarkan kucing Anda dari virus, kotoran, dan debu. Setelah proses memandikan, jangan lupa untuk menjemur kucing.

Disarankan Anda melakukan penjemuran di pagi hari, sekitar pukul 07.00 sampai dengan 09.00. Durasi penjemuran cukup 20 menit saja. Demikian cara merawat kucing sphynx yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat.