Gejala yang Muncul Saat Tetanus dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Apasih penyebab tetanus? Tetanus ini adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah bakteri yang bernama Clostridium tetani , bakteri yang satu ini bisa merusak saraf. Jika bakteri ini masuk kedalam tubuh, maka bakterinya akan memproduksi toksin, kemudian toksin inilah yang bisa menyeran sistem saraf. Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan gangguan pada pernapasan dan sangat bahaya bisa mengancam nyawa. Jika orang yang mengalami tetanus tubuhnya akan terasa tegang dan juga kaku. Kuman serta bakterinya ini akan masuk melalu kulit yang sedang terluka kemudian akan mengeluarkan sebuah racun yang sangat bahaya untuk saraf. Jika mengalami tetanus seluruh bagian tubuh ini akan terasa sakit dan bisa menyebabkan kematian.

Mengenal Gejala Tetanus

  • Otot Rahang Terasa Kaku
    Otot rahang menjadi kaku ini bisa menjadi gelaja dari tetanus, kondisi yang satu ini juga biasa disebut lockjaw. Jika Anda mengalami gejala ini rahang Anda menjadi tidak berfungsi secara normal. Biasanya kondisi yang satu ini terjadi karena adanya infeksi bakteri yang membuat otor yang mengendalikan gerak tiba-tiba berkontraksi. Maka rahang pun jadi terasa kaku dan tertutup rapat. Gejala yang satu ini biasa muncul pertama kali saat orang mengalami penyakit tetanus.

  • Demam
    Demam ini merupakan salah satu gejala yang paling umum terjadi, demam ini dibarengi dengan keluarnya keringat. Jika hal yang satu ini terjadi tandanya sistem kekebalan yang ada didalam tubuh sedang melawan kuman dan juga bakteri, maka dari itu demam ini akan terjadi sampai ditahapan akhir.

  • Otot Leher Kaku
    Gejala yang muncul selanjutnya adalah otot leher dan wajah terasa kaku. Hal ini sebabkan oleh bakteri yang telah tersebar ke dalam rubuh, jadi otot wajah Anda akan kesulitan untuk melakukan ekspresi secara normal. Dalam ilmu kedokteran kondisi yag satu ini dikenal dengan sebutan risus sardonicus. Jika Anda sudah mengalami gejala yang satu ini maka segeralah konsultasikan ke dokter ya supaya bisa langsung di atasi dan infeksinya tidak menyebar ke seluruh tubuh.  

Cara Mengatasi Tetanus
Apabila Anda sudah telanjur terkena tetanus segera lakukan pengobatan, karena jika di diamkan terlalu lama infeksinya bisa jadi menyebar ke seluruh tubuh. Jika sudah menyebar ke seluruh tubuh tentunta kondisi yang satu ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Jadi langsung segera konsultasikan dengan dokter dan jangan di nanti- nanti. Ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasai tetanus.

  • Mengonsumsi Obat Dokter
    Jika beberapa gejalanya sudah di rasakan oleh tubuh maka segeralah datang ke dokter. Dengan melakukan konsultasi ke dokter Anda akan bisa tahu bahwa infeksinya apakah sudah menyebar ke seluruh tubuh apa belum. Jika sudah ke dokter jangan lupa untuk mengkonsumsi obat yang diberikan secara rutin ya. Jika datang ke dokter biasanya Anda akan diberikan obat untuk mengontrol kejang otot yang terjadi, jadi otot akan terasa lebih tenang, dengan begitu infeksinya juga tidak akan mudah tersebar ke seluruh tubuh.

  • Merawat Luka
    Bakteri penyebab tetanus biasanya berasal dari goresan luka atau juga benda yang sudah terkontaminasi dan menyebabkan luka, jadi bila Anda memiliki luka rawatlah luka tersebut dengan benar. Untuk merawat luka ini tidaklah sulit karena Anda hanya perlu cuci tangan dengan menggunakan sabun setelah Anda mengobati luka. Selain itu Anda juga bisa menutup luka yang ada di tubuh Anda dengan menggunakan perban.